Senin, 23 Januari 2017

Dunia Klasik di Dunia Modern

"Musik klasik? Ahhh... Musiknya terlalu rumit untukku"

Sebagai seorang anak muda yang tinggal di dunia jaman sekarang yang modern, saya melihat bahwa musik semakin lama juga semakin bertambah modern. Seiring dengan bertambah modernnya musik dunia, musik-musik abadi masa lalupun mulai dilupakan oleh para anak muda, salah satunya adalah musik klasik. Musik klasik memang bukanlah jenis musik yang mudah. Untuk membeli CDnya mahal, membeli tiketnya mahal, apalagi untuk menekuni belajar musik juga pasti amat sangat mahal. Sudah dipastikan menurut penelitian bahwa musik klasik akan sangat amat membantu dalam hal perkembangan otak dan ketenangan batin. Namun, kenapa anak-anak sekarang malah lari kepada narkoba, minuman keras, dll, jika sudah diteliti bahwa mendengarkan musik klasik yang tepat di saat yang tepat sangatlah membantu untuk mengurangi stress?

Saya pribadi adalah seseorang yang dibesarkan di keluarga musisi (orangtua saya musisi), sehingga saya juga pastinya kaya akan berbagai genre musik. Dari kecil, selain musik klasik, saya juga dibesarkan oleh beberapa genre musik lainnya seperti country, gospel, pop, dll. Seiring dengan bertambahnya usia, genre musik yang saya sukai juga bertambah banyak. Saya sekarang sedang tergila-gilanya dengan Kpop dan semua hal yang berbau Korea. Namun, tidak peduli seberapa seringnya genre musik favorit saya berganti, musik klasik tidak akan bisa digantikan. Selain karena saya sudah mendengarkan musik klasik sejak dari kandungan mama, saya juga belajar bermain musik (tidak secara otodidak ~> klasik) sejak dari kecil. 

Mempelajari musik klasik itu tidak mudah. Saya harus latihan setiap hari, bosan, sulit, mahal, dll. Bahkan harga kursus piano saya per bulannya itu lebih mahal dari SPP sekolah saya. Minimal saya setiap harinya harus latihan 1 jam 1/2 untuk setiap alat musik. Yang menjadi masalah, saya bermain lebih dari 1 instrumen. Jujur saja saya pernah merasa ingin berhenti saja bermain musik. Terlalu banyak energi, uang, dan waktu yang terpakai. Namun, karena memang mungkin musik sudah ada di darah saya, jika saya 1 hari saja tidak bermain musik, saya merasa rindu sekali. Hari saya terasa seperti tidak lengkap dan kosong.

Kemudian, mengapa anak muda jaman sekarang harus mendengarkan musik klasik? 

Musik klasik tidak memiliki lirik. Ada beberapa yang memiliki lirik namun itupun berbahasa latin. Selain musik klasik memang sudah diteliti bahwa itu baik untuk otak dan batin, musik klasik juga akan menajamkan kesensitifan hati kita akan dunia di sekitar kita. 

Mengalami insomnia? Sebaiknya cobalah tidur sambil mendengarkan musik klasik.

Ayah saya saja, yang tidak menyukai musik klasik, selalu tertidur setelah 10 menit mendengarkannya. Ia tidak menyukainya, tapi ia mendapatkan ketenangan darinya. Pernah pada suatu hari saya, ibu saya, dan ayah saya pergi menonton konser musik klasik. Ayah saya tertidur hanya dalam waktu 5 menit. Musik klasik ditambah kursi empuk yang enak... Siapa yang tidak merasa tenteram???



Sekolah musik terbaik di dunia ~>>>>>>>>

1 komentar: